TECHNO » Science Kapsul Soyuz Bawa Pulang 3 Astronot ke Bumi ~ Ivul varel

TECHNO » Science Kapsul Soyuz Bawa Pulang 3 Astronot ke Bumi

detail berita
Tiga astronot kembali ke Bumi dalam kapsul Soyuz dengan parasut (Foto: Space)
MOSCOW - Pesawat luar angkasa atau kapsul Soyuz dari Rusia membawa 3 astronot kembali ke Bumi. Kapsul ini berhasil mendarat di wilayah Kazakhstan setelah astronot menjalankan misi selama lima bulan di International Space Station (ISS).

Dilansir Space, Selasa (14/5/2013), tiga astronot ini antara lain Chris Hadfield dari Kanada, Tom Marshburn dari NASA, serta kosmonot Roman Romanenko dari Rusia. Kapsul sukses menyentuh permukaan Bumi tepat pada Senin, 13 Mei 2013 pukul 10:31 p.m EDT.

Ketiga astronot yang kembali ke Bumi ini menandai berakhirnya misi Expedition 35, di mana Hadfield menjadi komandan di ISS. Kembalinya tiga astronot ini juga menandai dimulainya babak baru Expedition 36.

Pendaratan ini dua hari setelah Marshburn dan Chris Cassidy dari NASA melakukan aktivitasspacewalk untuk memperbaiki kebocoran amonia pendingin di luar stasiun luar angkasa. Ketiga astronot telah mengorbit Bumi sebanyak 2.300 kali dan mencacat rekor 61 juta mil (98 juta kilometer) selama menjalani misi 144 hari di ISS.

Romanenko, Hadfield dan Marshburn juga sebagai saksi mata kedatangan dan keberangkatan beberapa kapal kargo tak berawak, termasuk kapsul SpaceX Dragon pada Maret lalu. Khusus Hadfield, pria berusia 53 tahun ini telah banyak menggunggah video aktivitas di ISS, mulai daricara astronot menyikat gigi, mencukur bulu, serta cara tidur dan lain-lain.

Badan antariksa asal Amerika Serikat ini telah mengandalkan pesawat luar angkasa Soyuz Rusia untuk antar-jemput astronot dari Bumi ke ISS dan sebaliknya.

Stasiun luar angkasa mulai dibangun sejak 1998. Stasiun ini dibangun oleh lima lembaga antariksa yang berbeda, yang mewakili 15 negara yang berbeda. Sejak 2000, astronot mulai bertugas di "bangunan melayang" yang berada pada ketinggian 230 mil (370 kilometer) dari Bumi ini. (fmh)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment