Ava 500, Robot Ajaib untuk Berpindah Tempat ~ Ivul varel

Ava 500, Robot Ajaib untuk Berpindah Tempat

http://images.detik.com/content/2013/06/27/398/ava350.jpgAva 500 (fyk/detikINET)
Orlando - Perhelatan Cisco Live 2013 turut dimanfaatkan Cisco untuk memamerkan inovasi robot bernama Ava 500. Robot ini dibuat bekerja sama dengan perusahaan iRobot.

Teknologi TelePresence milik Cisco dibenamkan dalam robot Ava 500 buatan iRobot tersebut. Robot ini memungkinkan seseorang hadir berpindah tempat, tidak secara fisik namun virtual.

Ya, dengan Ava 500, seseorang yang berada di tempat berbeda bisa tetap hadir melalui layar monitor yang berada di atas si robot. Ava 500 memang berfungsi sebagai media video conference di perkantoran, misalnya untuk melakukan meeting.

Cisco dan iRobot rencananya akan memasarkan Ava 500 pada awal tahun depan. Robot ini punya berbagai kemampuan canggih. Layarnya seluas 21,5 inch dengan resolusi definisi tinggi untuk menampilkan wajah penggunanya.

Adapun wujudnya cukup tinggi dan didesain futuristik. Dengan wajah berada di atas, seolah olah orang yang diwakilinya memang benar-benar hadir di tempat rapat.

Si robot bisa dikendalikan penggunanya melalui iPad. Ia dirancang dapat bergerak ke segala arah dengan bebas, bahkan tingginya bisa diturunkan atau dinaikkan.

Ava 500 didesain dengan sensor untuk menghindari tubrukan dengan benda-benda. Ia dapat memetakan lingkungan di sekitarnya untuk mencari jalan, sehingga sang robot bisa diperintah menuju tempat tertentu, dan ia akan berjalan ke sana secara otomatis.

Canggihnya lagi, robot ini bisa berjalan secara otomatis ke charger pengisi daya khusus jika baterainya terindikasi akan habis. Ava 500 diklaim memiliki ketahanan baterai sekitar 6 sampai 7 jam dalam sekali isi ulang.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment