Wah Keren.. Makin Haus Kapasitas, Ukuran Harddisk Bakal Capai 40 TB ~ Ivul varel

Wah Keren.. Makin Haus Kapasitas, Ukuran Harddisk Bakal Capai 40 TB

http://images.detik.com/content/2013/10/13/317/tdkhdd.jpg(hothardware)
Kapasitas harddisk dipastikan bakal meningkat signifikan. Bila saat ini banyak harddisk yang ditawarkan pada kisaran kapasitas mencapai 4 TB, maka kedepannya ukurannya bakal melonjak hingga 10 kali lipatnya.

Hal tersebut dimungkinkan oleh perusahaan asal Jepang TDK. Perusahaan ini dilaporkan tengah menggarap teknologi penyimpanan anyar yang memungkinkan kapasitas mencapai 40 TB dalam sebuah harddisk. Wow!

Sebagai informasi, teknologi penyimpanan pada harddisk saat ini menggunakan metode ‘high magnetic coercivity’. Namun seiring pesatnya lonjakan permintaan kapasitas harddisk saat ini, teknologi tersebut dikatakan sudah tak memungkinkan peningkatan kapasitas yang signifikan.

Sejatinya TDK mengembangkan teknologi dengan basis yang sama, namun demi memungkinkan kapasitas yang lebih besar, TDK mengandalkan tembakan laser pada media magnetic yang digunakan harddisk untuk penulisan. Alhasil, kepadatan pada hasil penulisan menggunakan laser berujung pada peningkatan kapasitas yang signifikan.

Namun pengguna masih harus bersabar. Karena seperti dikutip dari Hot Hardware, Minggu (13/10/2013), sesuai target, TDK baru akan mengumumkan harddisk-nya ini di semester kedua 2015. Meski begitu, kepastian produksi masalnya konon ditargetkan baru akan dilakukan pada tahun 2020.





Sumber:DetikINet/Pocket

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment