Ponsel LTE yang Masuk Indonesia Masih 'Terkekang' ~ Ivul varel

Ponsel LTE yang Masuk Indonesia Masih 'Terkekang'

http://images.detik.com/content/2013/10/01/328/113028_2.jpgIlustrasi (ash/inet)
Hambatan operator-operator di Indonesia untuk menggelar layanan LTE tak cuma dari sisi regulasi dan izin pemerintah. Urusan handset juga masih belum mendukung.

Menurut Ivan Cahya Permana, VP Technology and System Telkomsel, di atas kertas, smartphone kelas atas yang beredar di Indonesia sejatinya sudah mendukung teknologi LTE.

Hanya saja, kemampuan teknologi komunikasi 4G tersebut tak lantas dibuka oleh vendor pembesutnya. Melainkan masih 'diikat' karena belum mendapat restu regulator.

"Masih banyak perangkat LTE di Indonesia yang belum dibuka (konektivitas LTE-nya). Misalnya iPhone 5 dan BlackBerry Z10 yang dijual di Indonesia. Vendor seperti Apple hanya membuka LTE di iPhone 5 untuk operator yang sudah punya izin regulator," kata Ivan.

"Sedangkan di Indonesia kita masih sebatas trial, belum mendapat izin regulator," lanjutnya.

Ahasil, operator belum bisa melepas kecepatan tinggi yang ada di LTE kepada para pelanggan, karena belum mendapat restu pemerintah.

Pun demikian, bukan berarti operator berdiam diri. Menyambut KTT APEC di Bali, Telkomsel dan XL Axiata coba menggelar trial LTE di Pulau Dewata

DetikInet
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment