Review Real BasketBall – Tidak Senyata Yang Kamu Pikirkan ~ Ivul varel

Review Real BasketBall – Tidak Senyata Yang Kamu Pikirkan


Review Real BasketBall – Tidak Senyata Yang Kamu Pikirkan
Tidak, Real BasketBall bukanlah game basket dengan tingkat grafis dan gameplay yang real/nyata. Semua orang boleh menulis apapun untuk judul game mereka namun kontennya bisa jadi berbeda jauh. Tapi ini bukan berarti Real BasketBall adalah game yang hancur atau membohongi, pada tingkatan tertentu game ini masih fun dan okay. Biar saya jelaskan lebih rinci apa yang ditawarkan oleh game ini.

Gameplay

Di game Real BasketBall kamu hanya akan memainkan satu orang pemain basket saja dan pertandingan yang ada dalam game ini juga tidak akan melibatkan pemain lain, hanya kamu, bola dan ring basket. Lebih mirip kepada shout out basketball contest kalau saya bilang. Tugas kamu adalah memasukkan bola ke dalam ring basket dengan cara swipe dari bawah ke atas atau biasa dibilang flick.
Real BasketBall | Screenshot 1Semakin panjang kamu flick maka kekuatan tembakan bola akan semakin tinggi dan arah flick juga menentukan kemana bola akan ditembakkan. Sedihnya adalah kedua variable ini berfungsi dengan baik tapi malah tidak digunakan dalam gamenya. Ini dikarenakan kamu biasanya cukup flick dari atas ke bawah saja tanpa menentukan arah dan jumlah tenaga yang harus dikeluarkan juga relatif konstan. Pemain akan berganti posisi menembak tapi tenaga yang harus dikeluarkan sama persis dari setiap posisi.
Jika kamu memilih mode easy maka disamping kiri bawah kamu akan terdapat bar tenaga yang akan terisi seiring kamu melakukan flick. Untuk bisa masuk dengan tepat kamu harus melempar dengan kekuatan pas di setengah bar. Walaupun posisi menembak kamu akan berbeda-beda tapi selama kamu mengatur kekuatan di tengah-tengah bar maka rata-rata tembakan kamu akan masuk.
Real Basketball mempunyai cukup banyak mode permainan seperti arcade, tournament, time attack atau single ball. Setiap mode permainan mempunyai tujuan yang sama namun hanya dibatasi oleh jumlah bola dan waktu. Mode All-Stars dan Block adalah dua mode yang harus kamu beli lewat IAP, masalahnya adalah tidak ada penjelasan mengenai mode gamenya jadi seperti membeli kucing dalam karung. Block mode adalah mode dimana kamu akan dijaga oleh seorang lawan yang dapat melakukan block jadi kamu harus mengecoh lawan terlebih dahulu sebelum menembak.
Ada beberapa variasi tembakan yang mempengaruhi score kamu seperti energy dan flame. Setiap kali kamu berhasil memasukkan bola maka sebuah bar energy akan terisi jika sudah penuh maka point yang kamu dapatkan akan dikali dengan 2 atau 3 dan maximal 4. Sedangkan Flame mode dapat kamu aktifkan dengan melakukan 3x kombo yang juga berfungsi untuk menggandakan score.
Real Basketball mempunyai fitur online namun begitu kamu klik maka game ini akan memberitahukan kamu bahwa mode online akan tersedia secepatnya alias belum dapat dicoba untuk sekarang.

Graphic

Real Basketball sebenarnya tidak dapat dikatakan buruk untuk urusan grafis namun kurang sekali dalam urusan detail. Musiknya juga tidak terlalu spesial, malah yang lucu adalah ketika kamu memilih mode night dimana kamu akan bermain di malam hari maka suara jangkrik akan lebih keras dari pada suara musiknya. Kamu dapat merubah sudut pandang menjadi first person dimana hanya akan ada tangan kamu saja, namun ini tidak memberikan perbedaan apapun.

IAP

Real BasketBall | Screenshot 2Real Basketball menggunakan MP sebagai mata uangnya. MP ini bisa kamu belikan bola, baju dan tempat bertanding yang baru. Bola yang sangat mahal akan memberikan kamu efek tambahan seperti tembakan yang lebih akurat atau score 2x. Rata-rata bola dan baju biasa berharga 1000-4000MP. Untuk mendapatkan MP kamu dapat menyelesaikan achievement seperti melakukan 30 kombo dalam satu game, namun ini hanya bisa dilakukan sekali saja dengan reward antara 600-5000MP. Total terdapat 16 achievement yang cukup untuk membeli bola dan baju baru, tapi tidak untuk bola yang mempunyai status tambahan seharga 10.000MP
Berita buruknya adalah MP ini tidak bisa kamu dapatkan dari bermain biasa, satu-satunya cara adalah menyelesaikan achievement. Sedangkan sisanya dapat kamu beli lewat IAP. Real Basketball juga akan tampil dengan iklan cukup besar di bagian atas selama kamu bermain walaupun jujur saja saya tidak terlalu merasa terganggu.

Conclusion

Real Basketball adalah game yang sebenarnya cukup seru dan saya rekomendasikan untuk dimainkan < 1jam saja. Karena jika lebih dari itu maka kamu akan terpentok dengan uang yang tidak bisa kamu dapatkan dari dalam game dan juga gameplaynya yang terlalu mudah. Potensi jarak dan arah tembak bola malah tidak digunakan oleh game ini sendiri walaupun kontrolnya disediakan. Hmm mencari game yang solid memang tidak mudah ternyata :)
Google Play Link: Real BasketBall, Free
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment