Pembuat Prosesor Menolak 128-bit ~ Ivul varel

Pembuat Prosesor Menolak 128-bit

ARMIlustrasi
Ivul Varel - Jargon "64-bit" banyak terdengar sejak Apple meluncurkan iPhone 5S dengan prosesor A7. Jika arsitektur 64-bit menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan 32-bit, bagaimana dengan chip 128-bit?

ARM, arsitek prosesor yang hasil rancangannya dipakai oleh hampir seluruh chip mobile saat ini, berpendapat bahwa arsitektur 128-bit sama sekali tidak perlu.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, pernyataan ARM itu muncul setelah sebelumnya Korean Heraldmengedarkan kabar bahwa perusahaan tersebut sedang mengembangkan chip 128-bit.

Hal tersebut kemudian dibantah oleh ARM dalam sebuah posting blog, di mana dijelaskan bahwa arsitektur 64-bit sudah memadai untuk "kebutuhan industri komputer sekarang dan bertahun-tahun ke depan".

Ditambahkan pula bahwa ARM tidak punya rencana membuat "chip 128-bit karena memang tidak diperlukan".

ARM sendiri baru saja mengumumkan duet core prosesor 64-bit miliknya yang bernama Cortex A57 dan A53 yang berbasis arsitektur ARMv8. Produk ini antara lain bakal dipakai oleh chip dari MediaTek.

Sejumlah produsen chip gadget lain juga telah menyatakan diri akan ikut serta membuat prosesor 64-bit, termasuk Samsung dan Nvidia. ARM mengatakan bahwa prosesor-prosesor dari pabrikan lain akan menyusul diperkenalkan dalam beberapa bulan ke depan.
Sumber: CNET 
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment