Memulai Belajar Perl dan instalasi perl Activ ~ Ivul varel

Memulai Belajar Perl dan instalasi perl Activ


 
 
 
 
 
 
Rate This

Strawberry Perl
Strawberry Perl
Saya mendapat tugas, yang sebetulnya mudah bagi yang sudah terbiasa, namun bagi saya ini cukup sulit. Untuk tugas ini saya harus membuat sebuah program untuk mengumpulkan data dari internet. Program ini harus dibuat dengan bahasa pemrograman Perl, karena saya belum pernah belajar Perl dengan serius, saya pikir inilah saatnya. Memang agak terlambat, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
Untuk memulai belajar Perl, hal-hal yang harus dipersiapkan cukup sederhana dan mudah didapatkan:
  1. Interpreter Perl. Untuk mendapatkan interpreter Perl cukup mudah. Jika menggunakan GNU/Linux, misalnya distribusi Debian atau Ubuntu, cukup menggunakan perintah sudo apt-get install perl. Jika menggunakan RedHat, CentOS atau Fedora bisa dengan perintah su -c “yum install perl”. Jika menggunakan Windows ada beberapa interpreter Perl yang dapat digunakan. Dulu saya pernah mencoba ActivePerl dari Activestate yang bisa didapatkan di http://www.activestate.com/activeperl. Sekarang tersedia implementasi Perl yang full Open Source di Windows bernama Strawberry Perl dan bisa didapatkan di http://strawberryperl.com. Yang saya gunakan saat ini adalah Strawberry Perl. Sedikit tentang Strawberry Perl, merupakan implementasi Perl di Windows yang dibuat oleh pencipta Perl sendiri, Larry Wall yang juga menciptakan program rn (Usenet client) dan programpatch (sering digunakan untuk mengupdate source program).
  2. Sumber belajar. Jika punya teman programmer Perl yang punya banyak waktu, mungkin saya bisa minta tolong diajari, sayangnya untuk saat ini rasanya tidak ada yang punya waktu untuk itu. Saya mendapatkan sumber untuk belajar Perl sebagian besar dari internet, antara lain:
    • Perldoc. Dokumentasi Perl adalah sumber utama dalam belajar Perl. Dokumentasi ini sering disebut secara singkat dengan perldoc dan dapat diakses di http://perldoc.perl.org/
    • Buku Perl gratis. Sejarah Perl cukup panjang. Untuk sampai ke versi 5 sekarang, Perl dibantu banyak programmer, hacker dan kontributor lain dalam perjalanan development nya. Salah satu sumbangan terbesar untuk proyek pengembangan Perl tentu saja penyebaran ilmu tentang Perl yang salah satunya dikerjakan oleh tim Perldoc. Selain itu, para pengarang buku Perl memberikan kontribusi besar bahkan dengan menggratiskan tulisan mereka. Buku-buku perl yang dapat diakses dengan gratis dapat diakses di http://www.perl.org/books/library.html
    • Tutorial. Ada banyak tutorial di internet yang bisa dimanfaatkan. Website tutorial yang saya ikuti antara lain; Learn PerlPerl Tutorial, dan java2s Perl Tutorial. Selain itu juga ada perl-tutorial.orgyang memiliki daftar website tutorial perl yang ada.
Nah, sekarang karena bahan-bahan sudah lengkap, mari kita belajar. Saya menggunakan Windows 8 64bit, untuk itu saya harus mendownload Stwaberry Perl dan kemudian meng-install-nya ke komputer saya. Instalasi cukup mudah, setelah mendownload, jalankan installer dan ikuti seperti yang muncul di layar. Secara defaultinstaller akan meng-install interpreter Perl berikut beberapa modul bahkancompiler C dan make di direktori c:\strawberry. Selain itu installer juga akan memutakhirkanenvironment variables pada Windows dengan menambahkan path binari Perl dan C.
Setelah instalasi selesai, saya dapat langsung mulai menulis kode Perl pertama saya. Kode berikut ini saya simpan di sebuah file, misalnya percobaan.pl dan saya jalankan di command promptWindows dengan perintah perl percobaan.pl
print "Hello World!";
Untuk menjaga keterkinian versi interpreter Perl dan modul-modulnya saya menjalankan console CPAN dengan mengetikkan perintah cpan pada Command prompt. Setelah masuk ke console CPAN, saya ketikkan perintah upgrade. Secara otomatis CPAN akan menguduh versi baru dari modul-modul yang sudah terpasang di komputer saya.
Untuk tugas kali ini saya juga membutuhkan modul WWW::Mechanize dan WWW::Mechanize::Sleepy. WWW::Mechanize adalah modul Perl yang berfungsi untuk berinteraksi dengan objek-objek pada halaman web, misalnya link, form, response, content, URL dan lain-lain. WWW::Mechanize::Sleepy adalah extension dari WWW::Mechanize yang berfungsi untuk mensimulasikan jeda diantara akses ke server web, sehingga seolah-olah yang mengakses web adalah manusia. Jeda akses akan terjadi ketika membaca, mengisi form atau istirahat (tidur). Untuk meng-install modul-modul ini juga cukup mudah. Dengan menggunakan console CPAN, saya cukup menjalankan perintah
install WWW::Mechanize
install WWW::Mechanize::Sleepy
Lebih lanjut mengenai WWW::Mechanize  dan WWW::Mechanize::Sleepy dapat saya baca di sini, disana dan di situ. Nah, lengkap sudah pengalaman pertama saya dengan Perl. Saya siap melanjutkan dengan petualangan selanjutnya.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment