Google Glass Bisa Merusak Mata? ~ Ivul varel

Google Glass Bisa Merusak Mata?



Amerika Serikat - Dengan fungsinya yang amat beragam, maka bisa diprediksi kacamata pintar Google akan sering dipakai para penggunanya. Lalu, adakah dampak negatif bagi mata Anda?

Google Glass memang bukan kacamata biasa, dan kacanya memang tidak berukuran seperti kaca pada umumnya. Ukurannya kecil, dan hanya ada di depan mata kanan.

Namun melalui kaca mungil tersebut pengguna dijanjikan dapat melihat dengan jelas. Kira-kira mirip dengan melihat TV HD berukuran 25 inch dari jarak 2,5 meter.

Akan tetapi Google juga mengeluarkan peringatan bagi para pengguna Google Glass. Kacamata tersebut dilarang dipakai oleh pengguna yang masih di bawah usia 13 tahun.

"Anak-anak di bawah 13 tahun dilarang memakai Google Glass, karena bisa membahayakan pertumbuhan penglihatan," tulis peringatan Google.

Dalam halaman tanya jawab di situs Google juga dijelaskan bahwa sebagian pengguna mungkin akan mengalami ketegangan mata atau sakit kepala saat memakai Google Glass, dan bagi pengguna yang pernah melakukan operasi Lasik harap berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Glass.

Lalu apakah Google Glass memang berbahaya untuk mata? Menurut Dr Jim Sheedy, Direktur Riset Optometric di Pacific College of Optometry, peringatan Google terhadap Google Glass tidak beralasan.

"Saya sama sekali tidak melihat ancaman kacamata pintar terhadap kondisi anak di bawah usia 13 tahun," katanya, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Jumat (3/5/2013).

"Peringatan produsen terhadap bahaya pemakaian oleh anak-anak mungkin karena aturan hukum," tambah Sheedy.

Google Glass sendiri dianggap bukan salah satu faktor perusak mata seperti saat pengguna melihat laptop, atau smartphone. Karena kacamata pintar itu hanya dibekali baterai yang hanya bisa dipakai selama 1 jam.

Lagipula saat menggunakan Google Glass pengguna tidak diwajibkan melihat layar mungilnya, kacamata pintar itu juga bisa dipakai dengan perintah suara.

Google Glass rencananya akan dipasarkan mulai Mei 2013. Khusus untuk para developer, tersedia edisi Explorer yang dibanderol USD 1.500. Sedangkan untuk masyarakat umum dijadwalkan baru tersedia 
2014 mendatang.



Sumber : Detik.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment