Mantan Karyawan Opera Dituding Bocorkan Rahasia ke Mozilla ~ Ivul varel

Mantan Karyawan Opera Dituding Bocorkan Rahasia ke Mozilla



(Ist)
Oslo - Opera mendaftarkan gugatan perkara senilai USD 3,4 juta melawan mantan karyawannya. Pembuat browser asal Norwegia ini menuding si mantan karyawan telah membocorkan rahasia perusahaan ke rival mereka, Mozilla.

Trond Werner Hansen, nama mantan karyawan tersebut, bekerja untuk Opera pada 1999 hingga 2006. Dia dipercaya sebagai desainer sekaligus developer user interface. 

Hansen juga bekerja untuk Opera sebagai konsultan lepas pada 2009 hingga 2010. Selanjutnya, tahun lalu Hansen terlibat pengembangan browser terbaru Mozilla yang masih prototype, 'Junior' untuk iOS. 

Bersama Alex Limi yang menjabat Manager Product Design Strategy Mozilla, Hansen mendemontrasikan prototype browser tersebut dalam sebuah video bertajuk Air Mozilla Juni silam. 

"Saya menghabiskan hampir 7 tahun mencoba menyederhanakan Opera dan tidak benar-benar sukses. Penyederhanaan sesuatu yang sudah ada sangat sulit. Saya merasa kami gagal membuat sesuatu yang benar-benar mudah," ujarnya dalam video tersebut.

Sementara itu, Limi mencantumkan nama Hansen dalam sejumlah penemuan fitur di UI Mozilla, termasuk di antaranya browser search. Limi mengatakan, fitur 'speed dial' yang memungkinkan pengguna tinggal memilih halaman yang sering dikunjungi dari tab browser baru adalah inovasi. 

"Banyak fitur yang dia buat, kini ada di hampir semua browser," kata Limi membanggakan Hansen, seperti dikutip detikINET dari Ars Technica, Selasa (30/4/2013).

Di sisi lain, Opera kini mengklaim beberapa interface 'ajaib' yang ditambahkan Hansen ke Junior bersama Mozilla, adalah fitur yang dikembangkan untuk Opera dan mereka sudah membayar Hansen untuk itu. Fitur tersebut bahkan belum sempat diterapkan di Opera. 

Sejauh ini, Opera membatasi gugatannya hanya kepada Hansen, sebagai konsultan yang dibayar Mozilla atas karya desain produknya. Namun jika gugatan ini berhasil, kemungkinan Opera akan mempeluasnya ke Mozilla.


Sumber : detik.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment