Prosesor 64 bit iPhone 5S Kurang Berguna? ~ Ivul varel

Prosesor 64 bit iPhone 5S Kurang Berguna?


http://images.detik.com/content/2013/09/11/317/2dlm.jpg
Jakarta - iPhone 5S disebut Apple sebagai smartphone pertama di dunia yang memakai prosesor 64 bit. Beberapa pihak menilai kehadiran prosesor 64 bit di sebuah ponsel belum begitu berguna.

Prosesor 64 bit dirasa belum akan digunakan secara maksimal di iPhone 5S. Dan mungkin hanya menjadi alat marketing saja untuk sementara ini.

"Bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis mendalam, fakta bahwa Apple menghindari menyebut RAM di iPhone adalah pertanda kapabilitas 64 bit CPU sedikit banyak hanya agar terdengar keren," ungkap John Gillooly dari PC Authority yang dikutip detikINE\, Selasa (11/9/2013).

Menurut John, prosesor 64 bit sejatinya tidak akan banyak berguna dalam operasional handset sehari-hari. Penggunaan prosesor ini dirasa tidak maksimal dalam sebuah ponsel karena kapasitas RAM yang terbatas.

"Prosesor 32 bit hanya bisa dibekali memori sampai 4GB, sedangkan prosesor 64 bit bisa menangani sampai hitungan exaybytes," sebut Gilooly.

"Ada banyak manfaat dari CPU dengan desain internal murni 64 bit namun kemungkinan tidak benar-benar bermanfaat dalam waktu tahunan. Alasannya adalah, meskipun aplikasi 32 bit bisa berjalan di prosesor 64 bit, untuk sebaliknya tidak bisa," tambah Gilooly.

Artinya, kemungkinan hanya sedikit aplikasi murni dibuat untuk prosesor 64 bit. Sebab, pengembang hanya punya pasar pengguna iPhone 5S saja yang menggunakan prosesor itu. Sedangkan iPhone generasi sebelumnya tidak kompatibel.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment