Step 1 : Langkah Pertama Membuat Aplikasi Android ~ Ivul varel

Step 1 : Langkah Pertama Membuat Aplikasi Android

Basic4android adalah development tool sederhana yang powerful untuk membangun aplikasi Android. Bahasa Basic4android mirip dengan Visual Basic dengan tambahan dukungan untuk objek. Aplikasi Android (APK) yang dicompile oleh Basic4Android adalah aplikasi Android native/asli dan tidak ada extra runtime seperti di Visual Basic yang ketergantungan file msvbvm60.dll, yang pasti aplikasi yang dicompile oleh Basic4Android adalah NO DEPENDENCIES (tidak ketergantungan file lain). IDE Basic4Android hanya fokus pada development Android.

[Image: 1.jpg]
Basic4android memiliki kekayaan dalam satuan libraries (perpustakaan) yang membuatnya menjadi lebih mudah untuk mengembangkan macam-macam aplikasi Android yang advanced. Library-nya adalah:
SQL databases
GPS
Serial ports (Bluetooth)
Camera
XML parsing
Web services (HTTP)
Services (background tasks)
JSON
Animations
Network (TCP and UDP)
Text To Speech (TTS)
Voice Recognition
WebView
AdMob (ads)
Charts
OpenGL
Graphics
dan masih banyak lagi
Basic4android termasuk designer GUI untuk aplikasi Android yang powerful dengan dukungan Built-in untuk multiple screens dan orientations, serta tidak dibutuhkan lagi penulisan XML yang rumit.
[Image: 2.jpg]
Anda dapat develop dan debug dengan Emulator Android atau dengan real device (koneksi ke USB atau melalui local network). Basic4Android support dengan emulator AVD seperti gambar berikut ini:
[Image: 9.jpg]
Saya juga berikan contoh sederhana membuat aplikasi android "Hello programmer" di tutorial PDFnya.
[Image: 14.JPG]

Download tutorial lengkap di sini

Isi tutorial lengkap, mulai dari komponen-komponen yang harus didownload dan diinstall, pembuatan emulator, download dan install Basic4Android Full, setting Basic4Android, dan contoh sederhana membuat aplikasi android.

Saya pernah search di forum ini tentang Basic4Android dan ada beberapa thread member yang share Basic4Android Trial. Sebenarnya jika masih menggunakan Basic4Android Trial banyak sekali batasannya dan install Basic4Android tidak boleh langsung diinstall begitu saja karena bisa menampilkan banyak error, jadi disarankan ikuti petunjuk yang ada ditutorialnya. Saya buat tutorial dalam bentuk PDF karena sangat banyak langkah-langkahnya.


Sumber:
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment