Ilustrasi Samsung
Ilustrasi Samsung (sumber: AFP)
Apple boleh saja menjadi produsen telepon seluler (Ponsel) paling menguntungkan selama empat tahun terakhir. Tapi kini posisi itu harus mereka relakan ke Samsung.
Memasuki kuartal kedua 2013, Samsung - untuk pertama kalinya dalam empat tahun, berhasil mengalahkan Apple sebagai perusahaan produsen ponsel paling menguntungkan.
Menurut data yang dilansir firma riset Strategy Analytics, Jumat (26/7), selama kuartal kedua tahun ini Samsung berhasil meraih keuntungan operasi senilai $ 5,2 miliar. Sementara itu keuntungan operasi Apple hanya mencapai $4,6 miliar.
Menurut Direktur Eksekutif Strategy Analytics Neil Mawston, keberhasilan Samsung terjadi berkat kekuatan volume penjualan, tingginya keuntungan penjualan partai besar dan ketatnya kendali biaya.
Sementara itu Apple menghadapi persaingan yang makin ketat di seluruh dunia yang membuat mereka harus mengubah strategi.
"Apple saat ini mendapat tekanan besar untuk meluncurkan model iPhone dengan harga yang lebih murah atau dengan layar yang lebih besar untuk mengatasi kompetisi dari pesaing serta meraih kembali keuntungan yang gagal didapatkan di paruh kedua 2013," kata Mawston.

Sumber:CNET