Problem Error pada Kartu Memori Kamera Digital ~ Ivul varel

Problem Error pada Kartu Memori Kamera Digital

ImageMemory Card Error! Mungkin Anda pernah panik membaca pesan ini di layar kamera digital usai memotret. Spontan, mungkin Anda berpikir hasil jepretan bisa rusak bahkan terhapus. Lantaran bila memory card kita memasukkan ke komputer/laptop, otomatis komputer memerintahkan untuk memformat ulang isi memory card tersebut. Uups! Masalah ini bisa menyerang siapa saja, baik pengguna kamera digital yang masih awam hingga para fotografer profesional. Hadi Iswa, seorang fotografer dan kontributor foto di beberapa media terkemuka mengisahkan pengalaman terkena masalah ini. Hasil jepretannya rusak atau hilang separuh. “Penyebabnya bisa karena memory card kotoran terkena debu. Bisa juga karena virus di komputer.” Penulis buku Fotografi Digital Membuat Foto Indah dengan Kamera Saku ini memberikan solusi agar membersihkan terlebih dahulu memory card tersebut. 

Selain solusi membersihkan secara fisik, ada cara lain menggunakan software CardRecovery. Program ini bisa diunduh (versi trial) di http://www.cardrecovery.com/downloadnow.asp . Bukan saja foto, file audio dan video yang hilang pun bisa diatasi dengan program ini. Ada tiga langkah mudah melindungi file foto dan video yang hilang menggunakan CardRecovery. Berikut langkahnya:

1. Download program ini
2. Hubungkan kamera atau card reader ke komputer Anda.
3. Jalannya software CardRecovery untuk memindai memory card dan melindungi file foto yang hilang.

Kelebihan dari program ini mendukung hampir semua memory card, seperti SD (Secure Digital) Card, CF (Compact Flash) Card, xD Picture Card, Memory Stick, MicroDrive, SmartMedia Card, MMC (MultiMediaCard), MicroSD, MiniSD, SDHC dan banyak lagi. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment