Thursday, 19 April 2012

Inilah 5 Peretas (Hacker) Terbaik di Dunia Saat Ini

Filled under:




Anda pasti pernah mendengar istilah "hacker". Apabila kita mendengar istilah itu, pasti akan terbayang penyusup/pembobol/peretas program komputer dan internet yang mencuri data penting untuk kemudian di komersilkan ataupun juga untuk kepentingan pribadinya semata. Namun ada juga peretas yang katanya tidak jahat, meretas hanya untuk menguji sebuah system keamanan dan kekuatan jaringan. Ada yang membentuk komunitas, tapi banyak pula yang melakukan semuanya sendiri. Berikut ini 5 peretas paling terkenal di dunia berdasarkan kiprahnya saat meretas selama ini.

1. Owen Walker

Remaja berasal dari Selandia Baru adalah otak di balik kelompok jaringan peretas internasional yang di takuti, Ringleader International, yang membobol jaringan komputer di Universitas Pensylvania dan mengakibatkan kerugian hampir 26 juta dollar AS atau setara dengan Rp. 234 milyar!

Owen ini tidak pernah belajar secara formal, tapi hanya mengikuti Home-Schooling sejak umur 13 tahun. Dia adalah seorang penderita Autisme. Owen akhirnya di tangkap FBI di usianya yang ke 18 tahun.

Selepas di penjara, kemudian di rekrut anak perusahaan operator seluler Telstra yaitu Telstra Clear, sebagai konsultan keamanan jaringan.

2. Chris Putnam

Chris mengawali semua karirnya di Facebook. Pada tahun 2005, Chris membuat virus yang bernama XSS Worm, yang mejebak pengguna Facebook sehingga tampilannya jadi seperti profil di situs jejaring sosial pesaingnya, My Space.

Kala itu, Chief Operating Officer Facebook, Dustin Moscovitz langsung mendeteksi ulahnya dan memberi peringatan keras. Dan selang setahun kemudian, Chris yang baru saja drop-out dari Georgia Southern Universitydi rekrut oleh Dustin, dan kini menjadi salah satu ahli komputer andalan di perusahaan Facebook.



3. Kevin Lee Poulsen

Dia disebut-sebut sebagai peretas terbaik Amerika. Pada siang hari dia bekerja di SRI International, tetapi di malam hari dia menyusupi jaringan komputer sasarannya dengan nama Dark Dante. Yang hebat, dia bisa menyusup dan mengatur sebuah kuis telepon, sehingga panggilan yang ke -102 bisa "kebetulan" berasal darinya guna memenangkan hadiah sebuah mobil mewah sport Porche 944 S2.

Kejahatannya di dunia maya sangat banyak. Pada bulan April 1991 dia di tangkap FBI, dan di penjara 51 bulan. Selepas di penjara karirnya adalah sebagai jurnalis dan editor untuk majalah teknologi bergebgsi; Wired, dan katanya ikut aktif memerangi peretas-peretas jahat.



4. Jeff Moss

Namanya di dunia maya adalah Dark Tangent. Jeff merupakan pendiri perusahaan konsultan keamanan ternama Black Hat. Dan dia juga inisiator konferensi peretas dunia terbesar, DEF CON. Awal karienya berawal dari banyaknya permintaan perusahaan besar kepada Jeff untuk menguji ketangguhan jaringannya. Jeff adalah Alumnus Ilmu Kriminal Gonzaga University. Sempat menjadi konsultan keamanan bagi Barrack Obama. Sejak 28 April 2011, Jeff di angkat menjadi Chief Security Officer ICCAN, yaitu perusahaan pengelola internet terbesar di dunia.



5. Johnny Chung Lee

Johnny terkenal sebagai developer Kinect, sebuah teknologi berbasis gerakan. Gelar Doktoral di perolehnya dari Carnegie Melon University. Orang ini terkenal pula sebagai Wii Remote, setelah ulahnya membobol data penting Nintendo Wii di tahun 2008 silam. Selepas itu bergabung dengan Microsoft, dan kini bergabung dengan Google.













sumber



0 komentar: