Versi ramah cetak
Program komputer adalah rangkaian instruksi yang diberikan agar komputer dapat bekerja. Suatu pekerjaan yang mungkin sederhana bagi manusia tidak dapat dimengerti oleh komputer. Manusia harus memberikan petunjuk kepada komputer bagaimana melakukan suatutugas dalam bentuk bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman berbeda dengan bahasa manusia, karena komputer membutuhkan aturan yang lebih baku apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dalam suatu bahasa pemrograman. Aturan ini disebut sintaks bahasa.
Sintaks bahasa pemrograman ditentukan berdasarkan apa yang bisa dilakukan oleh komputer, misalnya loop (perulangan), cabang (branch), atau fungsi. Hanya program dengan sintaks yang benar yang dapat dikompilasi atau diinterpretasi yang pada akhirnya bisa dijalankan di komputer. Kompiler akan memberikan pesan kesalahan apabila ada kesalahan dalam sintaks sehingga kita memperbaikinya.
Untuk menjadi programmer yang sukses, kita harus mengerti secara detail sintaks dari bahasa pemrograman yang kita akan gunakan. Tetapi, sintaks hanya sebagian cerita. Kita ingin program yang kita buat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Artinya program tersebut harus benar secara logika. Program yang benar secara logika disebut memiliki semantik yang benar.
Di situs ini kita akan mempelajari tentang sintaks dan semantik dari dari setiap bahasa pemrograman Java. Sintaks mudah dihafal, tetapi semantik lebih seperti perasaan. Untuk itu, coba download dan jalankan contoh-contoh program sehingga kita dapat memahami bagaimana setiap program bekerja.
Program komputer adalah rangkaian instruksi yang diberikan agar komputer dapat bekerja. Suatu pekerjaan yang mungkin sederhana bagi manusia tidak dapat dimengerti oleh komputer. Manusia harus memberikan petunjuk kepada komputer bagaimana melakukan suatutugas dalam bentuk bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman berbeda dengan bahasa manusia, karena komputer membutuhkan aturan yang lebih baku apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dalam suatu bahasa pemrograman. Aturan ini disebut sintaks bahasa.
Sintaks bahasa pemrograman ditentukan berdasarkan apa yang bisa dilakukan oleh komputer, misalnya loop (perulangan), cabang (branch), atau fungsi. Hanya program dengan sintaks yang benar yang dapat dikompilasi atau diinterpretasi yang pada akhirnya bisa dijalankan di komputer. Kompiler akan memberikan pesan kesalahan apabila ada kesalahan dalam sintaks sehingga kita memperbaikinya.
Untuk menjadi programmer yang sukses, kita harus mengerti secara detail sintaks dari bahasa pemrograman yang kita akan gunakan. Tetapi, sintaks hanya sebagian cerita. Kita ingin program yang kita buat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Artinya program tersebut harus benar secara logika. Program yang benar secara logika disebut memiliki semantik yang benar.
Di situs ini kita akan mempelajari tentang sintaks dan semantik dari dari setiap bahasa pemrograman Java. Sintaks mudah dihafal, tetapi semantik lebih seperti perasaan. Untuk itu, coba download dan jalankan contoh-contoh program sehingga kita dapat memahami bagaimana setiap program bekerja.
Komentar
Tolong Bantuan
by Ahmad Dani Ardianto - 03/31/2011 - 05:21
Saya ingin menampilkan output seperti ini : 0 1 1 3 2 5 3 7 4 9
tapi saya terkendala di logic nya.. kira2 bagaimana logic nya ?
tapi saya terkendala di logic nya.. kira2 bagaimana logic nya ?
Baru dapet program java.... semester 3 .... jadi newbie...
by hhferryhh - 10/20/2011 - 10:16
gak isa bantu dengan program java soale baru 2 hari nieh dapet...
tapi kalo untuk logikanya aq tahu
angka itu di pisah jadi dua maka akan terdapat dua bilangan yaitu bilangan asli ama angka ganjil...
0 1 1 3 2 5 3 7 4 9 ... nah kelanjutannya pasti 5 10 6 11 7 ... dst nya
a) 0 1 2 3 4 = bilangan asli
b) 1 3 5 7 9 = angka ganjil
moga bisa bantu sedikit :(
tapi kalo untuk logikanya aq tahu
angka itu di pisah jadi dua maka akan terdapat dua bilangan yaitu bilangan asli ama angka ganjil...
0 1 1 3 2 5 3 7 4 9 ... nah kelanjutannya pasti 5 10 6 11 7 ... dst nya
a) 0 1 2 3 4 = bilangan asli
b) 1 3 5 7 9 = angka ganjil
moga bisa bantu sedikit :(
Harusnya begini aja sudah
by Hige_Oyaji - 11/17/2011 - 18:56
Harusnya begini aja sudah bisa loh..
tapi Ane pake IDE..outputnya jadi agak beda..^^
public class bilangan {
public int i;
void tampil(){
for(i=0;i<=20;i++)
{
System.out.print(i+" ");
if(i%2==1)
{
System.out.print(i+" ");
}
}
}
public static void main(String args[]){
bilangan test = new bilangan();
test.tampil();
}
}
tapi Ane pake IDE..outputnya jadi agak beda..^^
public class bilangan {
public int i;
void tampil(){
for(i=0;i<=20;i++)
{
System.out.print(i+" ");
if(i%2==1)
{
System.out.print(i+" ");
}
}
}
public static void main(String args[]){
bilangan test = new bilangan();
test.tampil();
}
}
Baru dapet program java.... semester 3 .... jadi newbie...
by hhferryhh - 10/20/2011 - 10:16
gak isa bantu dengan program java soale baru 2 hari nieh dapet...
tapi kalo untuk logikanya aq tahu
angka itu di pisah jadi dua maka akan terdapat dua bilangan yaitu bilangan asli ama angka ganjil...
0 1 1 3 2 5 3 7 4 9 ... nah kelanjutannya pasti 5 10 6 11 7 ... dst nya
a) 0 1 2 3 4 = bilangan asli
b) 1 3 5 7 9 = angka ganjil
moga bisa bantu sedikit :(
tapi kalo untuk logikanya aq tahu
angka itu di pisah jadi dua maka akan terdapat dua bilangan yaitu bilangan asli ama angka ganjil...
0 1 1 3 2 5 3 7 4 9 ... nah kelanjutannya pasti 5 10 6 11 7 ... dst nya
a) 0 1 2 3 4 = bilangan asli
b) 1 3 5 7 9 = angka ganjil
moga bisa bantu sedikit :(
pake array kalo gitu om..
by Lando (tidak terverifikasi) - 10/10/2011 - 14:45
biasanya kalo angka ngacak dan tidak terstruktur, pakai array lebih mudah untuk mendisplay angka tersebut
public class acak {
public static void main(String[] args)
{
int[] anArray; // declares an array of integers
anArray = new int[10]; // allocates memory for 10 integers
anArray[0] = 0; // initialize first element
anArray[1] = 0; // initialize second element
anArray[2] = 1; // etc.
anArray[3] = 3;
anArray[4] = 2;
anArray[5] = 5;
anArray[6] = 3;
anArray[7] = 7;
anArray[8] = 4;
anArray[9] = 9;
System.out.println(anArray[0]);
System.out.println(anArray[1]);
System.out.println(anArray[2]);
System.out.println(anArray[3]);
System.out.println(anArray[4]);
System.out.println(anArray[5]);
System.out.println(anArray[6]);
System.out.println(anArray[7]);
System.out.println(anArray[8]);
System.out.println(anArray[9]);
}
}
itu pakai array om..
kalo logic biasanya berurut dan berputar(looping)
public class looping
{
public statis void main (string []args)
{
int a;
for (a=1;a<=10;a++)
{
system.out.println(a)
}
}
}
public class acak {
public static void main(String[] args)
{
int[] anArray; // declares an array of integers
anArray = new int[10]; // allocates memory for 10 integers
anArray[0] = 0; // initialize first element
anArray[1] = 0; // initialize second element
anArray[2] = 1; // etc.
anArray[3] = 3;
anArray[4] = 2;
anArray[5] = 5;
anArray[6] = 3;
anArray[7] = 7;
anArray[8] = 4;
anArray[9] = 9;
System.out.println(anArray[0]);
System.out.println(anArray[1]);
System.out.println(anArray[2]);
System.out.println(anArray[3]);
System.out.println(anArray[4]);
System.out.println(anArray[5]);
System.out.println(anArray[6]);
System.out.println(anArray[7]);
System.out.println(anArray[8]);
System.out.println(anArray[9]);
}
}
itu pakai array om..
kalo logic biasanya berurut dan berputar(looping)
public class looping
{
public statis void main (string []args)
{
int a;
for (a=1;a<=10;a++)
{
system.out.println(a)
}
}
}