Chrome for ubuntu ~ Ivul varel

Chrome for ubuntu

Google Chrome dan Firefox adalah 2 browser yang bagus. Firefox telah bertahun-tahun mengalahkan dominasi Internet Explorer dan kemudian popularitas Chrome juga meningkat. Keduanya dilengkapi dengan ekstensi dan plugin yang banyak.


Tentunya banyak user yang menggunakan kedua browser tersebut untuk berbagai macam alasan. Beberapa mempunyai plug in favorit di salah satu browser sementara di browser lain tidak tersedia. Salah satu kelebihan Google Chrome dibandingkan Firefox adalah plugin flash yang sudah terinstall secara default. Plugin ini di update secara otomatis. Untuk pengguna Ubuntu yang ingin memanfaatkan plugin flash Chrome untuk Firefox ternyata bisa.


Ok, asumsinya kita sudah menginstall Google Chrome, Firefox dan Adobe Flash, tugas kita adalah menghapus flash yang disistem atau menonaktifkan penggunaan flash yang disistem oleh firefox sehingga tidak menjadi konflik dengan flash yang dari Chrome. Caranya sebagai berikut:
Buka terminal
sudo apt-get remove adobe-flashplugin adobe-flash-properties-gtk
Setelah Flash di uninstall,  kita perlu mengarahkan Flash Chrome ke Firefox. Plugin flash Google Chrome terletak di /opt/google/chrome/libgcflashplugin.so. Firefox, terletak di /home/username/.mozilla/plugins/. Sehingga untuk menghubungkan ke versi flash Chrome lakukan: 
sudo ln -s /opt/google/chrome/libgcflashplugin.so /home/username/.mozilla/plugins/ 
ganti username sesuai username anda

Plug in flash Google Chrome mungkin bisa lebih baru dari versi yang terinstall, dalam hal ini kita harus menonaktifkan flash yang disistem , dengan cara buka Firefox > Tools > Add-ons

Setelah masuk ke add-on nanti akan terlihat dua versi flash, silahkan didisable flash bawaan sistem. Setelah itu restart browsernya. Mulai saat ini Flash yang digunakan adalah yang dipake Google Chrome yang diupdate secara otomatis.

Selamat mencoba





Sumber

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment