Iran Luncurkan Pesaing YouTube ~ Ivul varel

Iran Luncurkan Pesaing YouTube



Jakarta - Melanjutkan rencananya yang ingin membangun jaringan internet sendiri, Iran pun meluncurkan situs sharing video garapannya untuk mengakomodir kebutuhan pengguna internet di negara itu.

"Mulai sekarang, orang dapat mengupload film pendek mereka di situs web," ujar Lotfollah Siahkali, Wakil Kepala Broadcasting Republik Islam Iran.

Diluncurkan dengan sebutan 'Mehr', situs sharing video tersebut nantinya juga akan dimanfaatkan guna mempromosikan kebudayaan Iran kepada warganya sendiri.

Melalui Mehr, Iran seakan menegaskan perlawanan terhadap konten-konten yang tidak pantas di Youtube dan situs video lainnya. Sebelumnya, pemerintah Iran telah melakukan pemblokiran terhadap Google dan Gmail pada bulan September lalu sebagai upaya pembalasan terkait film anti Islam yang diposting di Youtube.

Menurut sumber yang dekat dengan pejabat pemerintahan Iran, upaya menciptakan jaringan internet sendiri bertujuan untuk meningkatkan keamanan cyber. Dan saat ini pun semua instansi pemerintah dan kantor-kantor di Iran telah terhubung ke dalam sebuah jaringan informasi nasional.

Saat ini negara tersebut dilaporkan telah mengembangkan sebuah jaringan internet nasional dalam upaya menciptakan internet bersih. Meski pemerintah Iran membantah laporan tersebut, media Iran mengatakan sistem domestik tersebut akan sepenuhnya beroperasi pada bulan Maret 2013.

Dilansir oleh detikINET, Selasa (11/12/12), menurut laporan Reuters, masih belum jelas apakah akses ke World Wide Web (WWW) akan turut diblokir setelah sistem tersebut berjalan.


( ash / ash )



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment