Cara Membuat Database dengan Xampp ~ Ivul varel

Cara Membuat Database dengan Xampp



Sekarang kita akan belajar bagaimana menghubungkan PHP dengan database MySQL, sehingga kita bisa menyimpan data-data kedalam database mysql, langsung saja kita praktekin ok.
Disini saya menggunakan xampp sebagai medianya dan pastikan juga Anda sudah menginstallxampp di komputer Anda.
Buat sebuah database baru dengan cara buka browser lalu pada URLnya ketikan http://localhost/phpmyadmin maka akan terbuka menu phpmyadmin yang akan kita gunakan untuk membuat sebuah database baru dengan nama siswa. Untuk membuat databasenya silahkan lihat gambar dibawah ini :


Selanjutnya klik tombol Create. Maka akan tampil menu create new table lalu isikan datanya seperti gambar dibawah ini :


 
Maksudnya kita akan membuat tabel dengan nama biodata pada database siswa, dimana pada tabel tersebut terdapat 3 buah field yang akan kita isi dengan NIS, Nama dan Kelas, selanjutnya tekan tombol go.
Selanjutnya isikan properties pada masing-masing field tersebut seperti gambar dibawah ini :
Pada tabel biodata tersebut kita menjadikan field NIS sebagai primary key, dimana primary key ini merupakan kunci utama yang bersifat unik dan tidak boleh sama nilainya.
Setelah proses pembuatan selesai, selanjutnya kita buat file-file PHPnya. Langkah pertama buat sebuah folder baru didalam folder htdocs, lalu beri nama biodata. Selanjutnya buat sebuah file PHP baru yang akan digunakan sebagai Lkoneksi antaraPHP dengan MySQ, berinama file PHP tersebut dengan nama koneksi.php lalu isikan datanya seperti script php dibawah ini :
Pada file koneksi.php ini pertama kita membuat sebuah variabel dengan nama $server yang memiliki nilai localhost, variabel $username dengan nilai root dan juga sebuah variabel $pass dengan nilai kosong, namun jika anda memberikan password pada mysql anda, isikan nilainya sesuai dengan password anda. Selanjutnya sebuah variabel $db dengan nilai siswa, dimana variabel inilah yang digunakan untuk memilih database yang akan digunakan.
Mysql_connect merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan koneksi ke mysql sesuai dengan nama server, username dan password.
Mysql_select_db merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pemilihan database yang akan digunakan.
Or die merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan pesan jika koneksi gagal atau database tidak ada.
Yah sekarang kita telah selesai membuat koneksi antara PHP dan MySQL, pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat form pada PHPnya sebagai media untuk memasukan data kedalam  database MySQL.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment