Aplikasi Perpustakaan Mini Menggunakan Java ~ Ivul varel

Aplikasi Perpustakaan Mini Menggunakan Java


Aplikasi ini dibuat menggunakan IDE Netbeans dan di percantik dengan tampilan yang didesaign menggunakan java 2D, serta termasuk aplikasi database karena terdapat koneksi kedatabase untuk penyimpanan data. Aplikasi ini dibuat oleh dua orang yaitu saya disisi model dan controllernya dan fendi disisi desaign menggunakan java 2D dan saya rasa desaign dg java2D tidaklah mudah.. :)
aplikasi ini dibuat untuk memudahkan kita menyimpan dokument atau pun ebook kedalam aplikasi, serta pencarian ebook yang pernah kita simpan dan open file akan diurusi aplikasi bila suatu saat nanti kita ingin membaca ebook yang pernah kita simpan tadi. jadi disini saya ingin pengguna aplikasi ini membuat sebuah perpustakaan mini yang isi perpustakaannya adalah buku buku dalam bentuk softcopy tidak lagi dalam bentuk hardcopy dikarenakan mahalnya buku dalam bentuk hardcopy serta mudahnya kita mendapatkan ebook atau buku dalam bentuk softcopy yg dapat kita download gratis dari internet. dan yang hebatnya lagi, kita dapat membawa perpustakaan kita pergi kemana-mana selama kita membawa aplikasi kita tadi yang berada didalam laptop kecil kita.
perpustakaan ini sudah disertai menu login sehingga kita dapat mengamankan isi perpustakaan kita supaya tidak sembarang orang bisa membaca ebook apa saja yang kita simpan didalamnya. dengan adanya perpustakaan mini ini, diharapkan kita bisa menyimpan ebook kita dengan aman tanpa harus bingung kalau suatu saat nanti lupa menaruhnya serta menghindari dari kemungkinan ebook kita ke delete karena bila setelah kita masukkan buku kita ke perpustakaan maka buku ini akan berada disana selamanya. selama kita tidak menghapus folder perpustakaannya..
jadi buku kita jadi aman. memudahkan dalam pencarian buku buku lama serta buku termanage dapat termanage dengan baik.
aplikasi ini opensource jadi nanti bisa dilihat sourcecodenya. bisa dijadikan bahan untuk belajar OOP(object oriented programming), DAO(Data acsess object), Desaign java 2D, serta MVC. semoga berguna untuk digunakan ataupun untuk dipelajari.
didalamnya sudah saya sertakan sql databasenya, jadi nanti tinggal d import saja di mysql. dengan user=root, password=(kosong). bisa diubah sendiri.
dibawah ini adalah screenshotnya..
createuser
Create user
konfirmasi
Sudah disimpan username dan password
home
home
addfile
Tambah File
browse
Browse File
kategori
Menambah Kategori
cari
Cari
open
Open File bila data ditabel dipilih dan click tombol open
silahkan download pada link dibawah ini

http://bahrie127.googlecode.com/files/perpustakaan.zip


————————-
update for Windows :
http://bahrie127.googlecode.com/files/perpustakaan-win.zip
program ini saya dedikasikan untuk dunia pendidikan, mari sejak dini tanamkan kebiasaan membaca.. :)
——-
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment