#2 – BELAJAR PEMROGRAMAN ANDROID : MENGENAL ECLIPSE ~ Ivul varel

#2 – BELAJAR PEMROGRAMAN ANDROID : MENGENAL ECLIPSE

Eclipse-Android-masbudi-1024x576
setelah kita belajar pemrograman android tentang Pengenalan AVD (Android Virtual Devices) dan SDK (Software Development Kit) Sekarang kita akan belajar pemrograman android tentang pengenalan Eclipse.
Apa itu Eclipse dan mengapa masbudi menggunakan Eclipse??
menurut wikipedia, Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). jadi dengan software eclipse kita dapat men-develop atau membuat sebuah program tidak hanya di android, kita bisa membuat program2 lain semisal berplatform java atau yang lainya.
disini masbudi menggunakan Eclipse karena software ini merupakan software free dan OpenSource, persis dengan bakcground yang dimiliki masbudi yang terlahir dari komunitas opensource. langsung saja gan, mari kita belajar tentang eclipse.
Instalasi 
1. untuk mulai menggunakan Eclipse kita harus download program tersebut disini (http://www.eclipse.org/downloads/)
disini masbudi menggunakan Eclipse for Mobile Developers berplatform windows 64bit, silahkan juragan sesuaikan dengan OSnya
2.  Setelah Download selesai, Extract Eclipse di folder anda. oleh karena program  ini bersifat portable, anda bisa langsung menjalankan eclipse langsung di komputer anda, seperti berikut :

3. Silahkan pilih Browse untuk memilih workspace direktori tempat program agan, setelah selesai, klik OK. berikut merupakan Tampilan Awal Eclipse.

Install Eclipse ADT Plugin
ADT (Android Development tool) sebuah plugin di eclipse yang berfungsi untuk menghubungkan Android SDK tool dengan Eclipse, jadi dengan plugin ini kita bisa melihat hasil program yang telah kita buat di eclipse melalui Android  Virtual Device / emulator android. langsung saja
1. pada eclipse, pilih menu Help lalu install new software,
2. pada kolom work with https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ lalu klik add,
3.3. pada kolom name bisa isikan nama repo android (optional) , lalu klik
4. Centang semua optional, pilih Next, Next, lalu accept dan Install, setelah selesai restart eclipse agar plugin bisa di gunakan. (NB : instalasi ini juga membutuhkan koneksi inet),
5. setelah selesai maka  android SDK dan AVD sudah dapat digunakan.


Konfigurasi Eclipse dan SDK dan AVD
1. pada menu Windows, pilih Preference hingga muncul gambar berikut :
2. Jika keluar google stats, pilih send user lalu klik procesed (Optional),
3. masuk ke tab Android, jika agan sudah melalui tahap disini lalu SDK location sudah mengarah ke c:\program files\Android\android-sdk seperti di atas maka ADV dan Android SDK tool sudah otomatis terkonfigurasi. jika belum maka bisa di lakukan manual.
4. Setelah selesai pilih target name semisal Android 4.0.3 untuk mencoba di IceCream Sandwitch lalu klik  Apply dan OK maka konfigurasi SDK sudah berhasil.
berhubung mata sudah 5 watt (lebay dikit), dan waktu sudah menunjukan pukul 23.15 Sementara masbudi cukupkan disini dulu ya. Insya Allah mas budi akan coba share cara mengkonfigurasikan / test sampel aplikasi menggunakan android, serta mencompile sampel project menggunakan AVD atau Run on a device (langsung perangkat android), oke.. ;)
Semoga bermanfaat gan..
“Share Knowledge is fun. :)

Sumber
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment