Kali ini saya mencoba posting membuat pemutar audio sendiri menggunakan java, dan hasilnya sangat sederhana seperti yang terlihat pada gambar di samping, jadi buat para master java tidak di anjurkan membaca tutorial ini
Java menyediakan Sound API sebagai API standar untuk menangani file audio dalam berbagai format, meliputi AIFF, AU, WAV, MIDI, dan RMF. Untuk menjalankan file audio, yang kita butuhkan adalah interface AudioClip yang terdapat dalam paket:
Java.Applet.*
Public interface AudioClip
Sebuah objek yang mengimplementasikan interface AudioClip inii dapat menjalankan beberapa file audio dalam waktu yang bersamaan, tentunya dengan hasil suara yang bercampur. Interface ini hanya memiliki tiga method, yaitu play(), loop() dan stop(), dan itu sudah cukup untuk mengoperasikan file audio.
public void play()
public void loop()
public void stop()
Method play() berfungsi untuk menjalankan sebuah audio clip. Setiap kali dijalankan, audio clip akan diulang mulai dari awal. Adapun method loop() berfungsi untuk menjalankan sebuah audio clip secara berulang-ulang (looping). Yang terakhir, sama dengan namanya, method stop() berfungsi untuk menghentikan suatu audio clip.
Sebelum kta dapat menjalankan file audio, maka diperlukan suatu cara untuk menciptakakn object AudioClip melalui suatu url sumber audio, yaitu dengan methodClip().
public static final AudioClip newAudioClip(URL url)
Contoh untuk menciptakan objek AudioClip dari file di direktori lokal adalah seperti berikut:
java.io.File file = new java.io.File(“C:/MySound/sound.au”)
final AudioClip sound = Applet.newAudioClip (file.toURL());
Berikut ini adalah contoh program sederhana untuk menjalankan ffile audio. Tetapi sebelumnya pastikan anda telah mengganti path contoh file dalam program ini dengan path file audio yang anda miliki.
MySounds.Java
import java.applet.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import java.io.*;
public class MySounds {
/** creates a new instance of MySounds*/
public MySounds() {
}
public static void main(String[] args) throws Exception {
File file = new File (“D:/My_Way.mid”);
final AudioClip sound = Applet.newAudioClip(file.toURL());
JFrame frame = new JFrame(“My Sounds”);
JButton btnPlay = new JButton(“Play”);
btnPlay.addActionListener(new ActionListener( ) {
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
sound.play();
}
});
JButton btnLoop = new JButton (“Repeat”);
btnLoop.addActionListener (new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent e){
sound.loop();
}
});
JButton btnStop = new JButton(“Stop”);
btnStop.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent e){
sound.stop();
}
});
Container content = frame.getContentPane();
content.setBackground(new Color(153,153,204));
content.setLayout(new GridBagLayout());
content.add(btnPlay);
content.add(btnLoop);
content.add(btnStop);
frame.setSize(300, 100);
frame.setDefaultCloseOperation( JFrame.EXIT_ON_CLOSE );
frame.setVisible(true);
}
}
Tampilan program tersebut sebagai berikut
Sekarang, perhatikan apa yang baru saja kita buat.
File file = new File (“E:/AsepLaptop/MyProjects/”+
“InternetClub/CyberMedia/Resources/sound.mid”);
Dengan kita menulis baris tersebut berarti kita sedang membuat sebuah objek class File dari suatu sumber file audio, dalam hal ini adalah file dalam format MID. Anda dapat menggunakan file dalam format lain.
final AudioClip sound = Applet.newAudioClip(file.toURL());
Setelah baris ini dijalankan maka akan tercipta sebuah objek AudioClip. Dengan objek ini program dapat menjalankan sekali, menjalankan berulang-ulang, atau menghentikan file suara yang sudah ada. Dalam hal ini kita menggunakan tombol Play, Repeat dan Stop untuk memanggil method play(), loop(), stop(). Source code bisa di download secara lengkap di sini
Selamat Mencoba.